diposkan pada : 20-12-2021 15:36:00

Dilihat : kali

Mastitis adalah peradangan jaringan payudara yang terkadang menyebabkan infeksi. Peradangan pada payudara menimbulkan nyeri, bengkak, dan kemerahan. Sebagian Bunda bahkan mengalami demam dan kedinginan.

Mastitis paling sering menyerang Bunda yang sedang menyusui (mastitis laktasi). Penyakit ini membuat Bunda merasa lesu, sehingga sulit untuk merawat bayi. Kadang-kadang kondisi mastitis menyebabkan Bunda harus menyapih Si Kecil sebelum saatnya. 

Penyebab Utama Mastitis

Cara Mengatasi Mastitis Di Rumah

1. Susui bayi atau pumping secara rutin 2 hingga 3 jam sekali.

2. Kompres dengan air hangat pada bagian yang meradang sebelum menyusui dan pumping.

3. Pijat bagian yang menggumpal sebelum dan sesudah menyusui.

4. Mulai menyusui pada bagian payudara yang terkena mastitis. Jika Bunda tidak tahan pindah ke payudara yang tidak terkena mastitis.

5. Kosongkan payudara dengan baik. Efektifkan waktu menyusui dan pumping hingga payudara benar-benar kosong. 

6. Cari posisi menyusui yang berbeda untuk membantu mengosongkan payudara secara merata.

7. Bisa mengonsumsi obat analgesik anti nyeri untuk mengurangi radang. Untuk nyeri Bunda bisa gunakan ibuprofen.

8. Kompres dengan air dingin saat payudara merasakan nyeri.

Untuk menjaga kesehatan, Bunda disarankan untuk menjaga kebersiham pada payudara. Tujuannya agar tidak ada sisa gumpalan ASI yang menyumbat saluran payudara. Dengan begitu, mastitis dapat dihindari Bunda. 

jual Supplement ASI Terbaik di Surabaya

Posting by Admin

jual Supplement ASI Terbaik di Surabaya Bentuk Puting Berpengaruh Terhadap Kelancaran ASI Bunda Loh! Pada saat menyusui, Bunda sering was-was terhadap model puting yang tidak lazim.  “Nanti ASI saya banyak tidak ya?” atau  “Kira-kira anak saya sulit menyusu tidak ya?’ semua permasalahan itu sering menjadi bayangan di benak Bunda. Daripada merasa khawatir berlebihan, alangkah baiknya Kita cari tahu tentang bentuk dan ragam puting



24 Kali